Minggu, 09 Desember 2012

Memelihara jam kuno

loading...





yang perlu diketahui tentang mainspring



Mempunyai jam kuno memang menyenangkan kita dapat mendengarkan suara tik tok dari kerja jam atau suara musik dan bunyi denting pada waktu-waktu tertentu. Tapi bagaimana dengan pemeliharaan jam tersebut ? Saya bukan seorang ahli jam kuno hanya seorang yang senang dengan jam-jam kuno dan disini saya hanya mau berbagi pengetahuan saja.
Sebagian orang merasa sudah cukup menyemprotkan WD 40 untuk memelihara jam, dan kebiasaan ini ternyata juga dilakukan oleh pemilik jam kuno di Amerika. Apakah penggunaan WD 40 ini diperbolehkan untuk pemeliharaan jam-jam kuno. ? Para reparasi jam dan kolektor jam di Amerila sepakat tidak merekomendasikan penggunaan WD 40 untuk pemeliharaan jam kuno. Hal ini bisa dicari di Google, alasannya cairan WD 40 melekat pada plat kuningan dari mesin jam dan ini susah dibersihkan, lama-lama cairan ini menumpuk dan berkontaminasi dengan debu pada lobang tempat sumbu roda gigi bergantung dan akan mengganggu kerja jam tersebut. WD 40 bukanlah cairan ajaib cukup semprotkan maka semua akan beres.
Saya juga pernah memanggil tukang perbaiki jam untuk memelihara jam yang saya miliki, ternyata untuk memberi minyak saja diminta harga yang sangat tinggi menurut saya. Akhirnya saya mulai membeli buku tentang perbaikan dan pemeliharaan jam dan juga saya melakukan browsing di internet.


ticktocktony
 Dinding mesin jam  terbuat dari kuningan
akan bergesek dengan sumbu roda gigi 
yang terbuat dari baja, jika tidak diminyaki
maka lubang kuningan tersebut akan tergerus
sehingga lubang tersebut tidak berbentuk
lingkaran lagi, perhatikan gambar diatas.


 Kursus-kursus online tentang jam kuno banyak ditawarkan, ada kursus  yang dilengkapi dengan animasi dan video yang sangat membantu. Selain itu ada juga yang penuh dengan tulisan dan ini menyulitan karena banyak istilah komponen pada jam yang berbeda dengan pengertian bahasa Inggris sehari-hari. 
Jam secara ukuran dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis yaitu dari yang besar disebut jam Grand father lalu jam dinding kemudian jam meja dan weker. 
Mesin jam atau movement dapat dikelompokkan mesin jam biasa hanya untuk menunjukkan waktu saja ditunjukan dengan satu lobang putaran per atau satu bandul, kemudian yang disebut striking clock ditambah satu komponen lagi  untuk  membunyikan bel, ada dua lubang putaran per atau dua bandul. Terakhir chime clock  seperti striking clock ditambah satu komponen lagi untuk membunyikan irama musik biasanya disebut westminster quarters yang berbunyi setiap 15 menit, ada tiga lobang per atau tiga bandul.




ticktocktony
 Minyak jam merk Nye
 dengan dispenser pipa kecil yang 
berguna untuk meminyak bagian dalam
jam terutama jam jenis grand father

 
Jam perlu diberi minyak yang sesuai, jangan gunakan minyak mesin jahit atau sejenisnya, gunakan minyak khusus untuk jam, banyak dijual diinternet. Jika tidak diminyaki maka dinding mesin jam akan tergerus dan lobang tempat sumbu roda gigi tidak berbentuk lingkaran lagi (lihat gambar), hal ini bisa diperbaik dengan cara diberi bushing ( seperti mur kecil ), lobang lama dibor kemudian diberi bushing proses ini disebut  rebushing. Pekerjaan ini memerlukan keahlian dan ketelitian tinggi karena harus satu sumbu dengan lobang lawannya. 


Jika lobang tempat sumbu roda gigi tergerus
dan sudah tidak berbentuk lingkaran lagi maka
perlu dilakukan rebushing yaitu lubang yang lama
dibor diganti dengan menggunakan bushing
baru,  bushing pengganti banyak tersedia
di toko-toko spare jam di internet. 
Pekerjaan ini memerlukan ketelitian yang tinggi.



Untuk membersihkan mesin jam atau movement perlu melepaskan movement dari kotaknya.Pertama lepaskan pendulumnya. Untuk jam besar atau jam dinding cari baut atau sekrup yang mengikat antara movement dengan dinding dari kotak, untuk jam meja movementnya agak sukar dilepaskan karena harus melepaskan  jarum penunjuk terlebih dahulu karena tempat penunjuk angka jam menyatu dengan kotaknya. 
Untuk melepas jarum jam kalau untuk pemula catat saja posisi penunjukan jarum. Jarum jam terikat pada  movement  menggunakan  mur atau pasak, hati-hati mur atau pasak tersebut jangan sampai hilang ! perhatikan juga ring-ring yang ada. Jarum panjang setelah mur atau pasak dilepas dapat langsung diangkat, untuk melepaskan jarum pendek perlu bantuan obeng karena agak kencang mengikat ke movement.


Lobang pada jarum panjang berbentuk agak segi empat
karena jarum panjang dipakai menset waktu, untuk jam kuno
jangan memutar mundur jarum panjang tersebut. 
Lobang pada jarum pendek berbentuk bulat. 
jarum ini dapat diputar langsung disesuaikan dengan waktu
atau bunyi gong pada jam.


Setelah jarum-jarum itu dilepas, selanjutnya adalah melepas piringan angka-angka, biasanya terikat menggunakan pasak. Selanjutnya kita dapat membersihkan movement tersebut, cara .yang benar adalah membongkar movement tersebut dan dibersihkan perkomponen tersebut satu persatu,  tapi ini sukar dilakukan oleh pemula. Cairan yang digunakan adalah Natural Brue Loctite, Loctite merk dagang  tapi bensin juga dapat digunakan. Tujuan dari membersihkan movement adalah menghilangkan sisa-sisa minyak dan debu. Cara lain adalah menggunakan ultrasonic cleaner guna pembersih kotoran yang ada.


Mesin jam atau movement  yang 
sudah dilepaskan dari piringan
 yang terdapat angka-angka 
dan jarum penunjuk.

Setelah dibersihkan langkah selanjutnya adalah pemberian minyak, jangan gunakan minyak mesin gunakan minyak khusus jam, minyak ini banyak yang jual di internet, bagi yang biasa belanja di Ebay juga bisa mencarinya di sana, saya membeli minyak dari ticktocktony, kebetulan saja. Minyak yang dijual biasanya dilengkapi dengan kontainer yang dilengkapi dengan pipa kecil sekitar 3 inchi sehingga bisa masuk ke dalam lobang-lobang movement.


ticktocktony
 memberi minyak pada jam cukup hanya pada
bagian lobang kecil (oil sink)  tempat sumbu roda gigi
(pivot) menempel pada dinding dari movement
(brass clock plate), jangan terlampau banyak

Memberi minyak pada jam kuno cukup pada bagian tempat dimana sumbu roda gigi bergantung pada dinding movement, secukupnya saja jangan sampai meleleh kemana-mana. Setelah selesai diminyak maka pasang kembali ke piringan angka-angka dan juga  jarum jam tersebut. Untuk jarum pendek agak masuk kedalam dan untuk jarum panjang cuma bisa terpasang dengan posisi dua arah jangan terbalik arahnya.

Kerusakan yang umum pada jam kuno adalah  pada per utama pengerak jam atau mainspring atau suspension spring yaitu tempat berayunnya pendulum bentuknya bermacam-macam. Jika hal itu terjadi  jangan kuatir mainspring atau suspension spring  ini banyak yang jual tinggal lihat saja ukurannya, biasanya saya cari  di timesavers  atau merrits, atau bisa juga toko-toko spare untuk jam di internet. Mainspring  ada dua macam seperti pada gambar dibawah.


 Mainspring jenis loop end pada ujung
 bagian luar terdapat semacam penjepit
 yang berlobang untuk dikaitkan ke 
movement

  

 
 mainspring jenis hole end 
pada ujung bagian luar terdapat lobang
untuk jam yang mempunyai barrel
(tempat penyimpan mainspiring tersebut)
untuk mengganti cukup tahu lebar plat
mainspring dan diameter barrel

Jika ada kerusakan bagian lain pada jam kuno jangan langsung berpikir suku cadangnya sudah tidak ada lagi, cobalah mencari di internet. Untuk jumlah gigi pada  roda gigi tiap merk jam berbeda tidak standar. Di Ebay suka ada yang menjual bagian-bagian jam bekas, jika ada yang cocok mungkin bisa digunakan sebagai suku cadang. 

48 komentar:

  1. saya juga senang memelihara jam kuno,tapi mau beli minyak pelumas jam bingung,sementara pakai minyak mesin jahit karna mudah di dapat di toko....tolong infokan dimana memperoleh minyak untuk jam kuno trim,s.

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas pertanyaannya. Terus terang saya kurang tahu toko yang menjual minyak jam dan saya juga tak tahu tukang jam itu memakai minyak jenis apa. Saya membeli secara online, ada situs khusus menjual perlengkapan jam seperti Timesavers, Merrits , Ronell atau di Ebay juga ada. Jam minyak ada tiga jenis minyak alam dari minyak hewan, minyak mineral dari proses penyaringan minyak dan minyak sintetis minyak yang dibuat. Minyak yang paling baik tentu minyak sintetis memenuhi syarat yang dibutuhkan, seperti tidak mudah menguap atau tidak mudah bereaksi dengan material lain dan tahan terhadap perubahan temperatur. Minyak sintetis lebih mahal dibandingkan dengan jenis minyak lainnya. penggunaan minyak sintetis akan memperpanjang waktu pemberian minyak karena sifat-sifatnya yang lebih unggul dibandingkan jenis minyak lainnya. Harga minyak sintetis sekitar US$ 25 untuk 15 cc termasuk ongkos kirim dan tergantung merk minyak seperti Moebius buatan Swiss, Etsyntha buatan Jerman, NYE buatan Amerika dan masih banyak lagi seperti Fulcrum, Horolube, Keystone, J.D. Windles. Memang agak mahal tapi pemakaian minyak sangat sedikit untuk 1 jam tidak sampai 1 cc untuk waktu 5 sampai 10 tahun tergantung rekomendasi pabriknya. Minyak Moebius banyak variasinya jadi harus tahu mau pakai jenis yang apa. Jadi cari saja minyak jam yang tidak banyak variasnya seperti untuk pivot atau mainspring. Terima kasih

    BalasHapus
  3. terimakasih atas infonya,maaf lama nggak balas,

    BalasHapus
  4. mninyak ini bagus untuk jam antiq ini alamatnya http://www.soft99.co.jp/english/products/carcare/maintenance_chemical/oil_spray.html?pid=03018

    salam
    sukardi malang

    BalasHapus
  5. Toko pedia ada pak.
    https://www.tokopedia.com/pandanbaru/tl2361-oil-lubrikasi-swiss-moebius-8000-minyak-pelumas-jam-tangan?utm_source=Copy&utm_campaign=Product&utm_medium=Android%20Share%20Button

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih infonya mungkin pembaca tidak perlu repot-repot lagi lama nunggu toko online dalam negri sdh ada. Moebius termasuk minyak jam kelas atas cuma tipenya terlalu banyak rinci

      Hapus
  6. Kalau ada link video cara perbaikin jam junghan gede dan dinding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berdasarkan merk saya belum temui tapi ada yang agak rinci di youtube Dr. Time's Clock Repair-Part 1-Antique Clock Overhaul videonya terdiri dari beberapa bagian contohnya jam meja mantle linknya https://www.youtube.com/watch?v=fir2GNjGEyk

      terima kasih

      Hapus
  7. Mas saya pengen cari tukang servis jam kuno wilayah Magelang dimana ya tera kasih

    BalasHapus
  8. Mas saya pengen cari tukang servis jam kuno wilayah Magelang dimana ya tera kasih

    BalasHapus
  9. Mas klo tempat yg jual atau yg bisa buat mainspring jam antik junghans dimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cari di jasa servis jam antik lewat google yang saya temui seperti chime old mungkin bisa membantu. Untuk mencari mainspring perlu data seperti jenis mainspring pakai barrel atau tidak (loop end atau hole end) ketebalan, lebar dan panjang mainspring atau diameter barrel hal ini perlu agar pas dipasang di movement dan tenaga dari mainspring cukup sebagai penggerak,coba dikukur dulu mungkin saya punya cadangan yang sesuai. terima kasih

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  10. saya punya jam standing tiga bandul, pada saat pindahan rumah bandul dilepas, setelah dipasang gak tahu posisi ketiga bandul..kalo saya timbang beratnya berbeda beda..jadi mana bandul harus diposisikan misalnya bandul mana yang mengerakan detik jam, mana bandul yg menggerakan stiap seperaempat jam buni, dan mana bandul yg menggerakan tiap jam bunyi sesuai beratnya. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya,
      Coba cek di bagian bawah bandul ada todal huruf L R dan C artinya Left Right dan center dilihat dari posisi kita menghadap jam. kalau ada selesai. Klau tidak ada secara teori yang membutuhkan energi paling besar adalah rangkaian chime biasa posisi ada disebelah kanan dan yang agak ringan adalah rangkian penggerak waktu biasanya ada di tengah.ini juga berlaku untuk jam dinding yang menggunakan mainspring.


      apa akibatnya jika tidak sesuai jika beban terlalu berat maka rangkaian menjadi lambat bekerja, jika terlalu ringan sebaliknya. cobalah terlebih dahulu perhatikan bunyi dan detak jamnya.

      buat pengalaman sebelum memindakan pemberat jam sebaiknya beri label terlebih dahulu.
      Demikian semoga bermanfaat

      Hapus
  11. Permisi numpang tanya ni saya mau cari main spring di mana ya

    BalasHapus
  12. Kalau mau cari bahan plat pita baja di daerah mana ya untuk bikin main spring

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas, untuk memebeli mainspring perlu diketahui datanya terlebih dahulu yaitu jenis mainspring hole end atau loop end dan ukuran tebal, panjang dan lebar disesuaikan dengan ukuran mainspring yang akan diganti. Jika mainspring nya masih baik kira kira kondisi bebas dalam keadaan terbuka kira kira 2,5 kali ukuran barel tapi kondisinya patah lebih baik diperbaiki lihat tulisan saya membuat lobang baru pada mainspring.
      Tempat menjual mainspring bisa dibeli online seperti https://timesavers.com/ atau pada tulisan saya di Penyebab Gangguan Pada Jam Mekanik Catatan Bob Tascione banyak daftar penjual online yang bisa dihubungi
      Kalau mau membuat sendiri saya belum tahu tempatnya menurut saya lebih cepat membeli online. boleh tahu ukurannya mungkin saya punya cadangannya tks

      Hapus
  13. Ok trmakasih infonya. Ini soalnya saya pernah beli jam junghans 3lobang setelah saya beli katanya bisa tapi ternyata setiap 5menit mati begitu terus saya serfiskan ke tukang jam antik di semarang hasilnya sama saja 5menit mati saking jengkelnya saya bongkar sendiri eh ternyata springnya sudah di ganti dengan plat peti buah itu ya sampai jenggotnya ubanan ya kaya gitu terus, intinya saya ketipu, hati hati kalo beli jam antik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak sharing pengalamannya yang menarik, karena mainspring aslinya tidak ada bisa gunakan ukuran mainspring untuk kerja jam biasanya 0,4 mm sama unbtuk ukuran mainspring gong sedang untuk chime atau irama naikkan lebih tinggi bisa 0,45 mm sedang untuk lebar ukur saja dari barrelnya untuk panjang ukur diameter barrel dari data diatas bisa kita hubungi penjual mainspring

      Hapus
  14. Mau numpang tanya, kebetulan rantai pemberat jam junghans saya lepas satu karena lupa ditarik ke atas. Kira2 susah tidak untuk memasangnya kembali? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sih asal mau keluarkan movementnya dulu cari tempat yang baik untuk tempat dudukan movement, coba lihat video youtube https://www.youtube.com/watch?v=sfMqx8ATyCw&t=39s

      Hapus
    2. Gak usah dikeluarkan movementnya juga bisa cari kawat yang agak penjangan

      Hapus
  15. Saya punya jam junghans wester de luxe rusak as timbang dan gigi kembang detik..apakah onderdil masih tersedia untuk jam junghans

    BalasHapus
  16. jam bunyi 1/4 tapi jam bel jamnya cuma sekali tidak mengikuti jam

    BalasHapus
  17. Maksudnya bunyo chime irma berjalan baik tapi bunyi gong sekali, coba buka face atau bagian depan jam mungkin ada yang tersangkut sehingga tidak bekeja normal. atau maksudnya bunyi jumlah gong tidak sesuai petunjuk jam klau ini putar saja jarum pendeknya sesuai dengan bunyi gong. tks

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. Saya punya junghans 3 lubang, jam hidup normal tapi setiap 15,30,45,60 bunyi terus tidak selesai2 sampai 5-10 menitan habis itu di berikutnya bunyi lg dgn waktu yg sama. Kira2 kenapa ya, mohon bantuannya. Trima kasih sblmnya.

    BalasHapus
  20. Mau nanya mas.saya punya jam kuno merek kuno merk german lubang 3,1/4nya bunyi tapi suara gongnya tidak bunyi, solusinya bagaimana ya, terimakasih

    BalasHapus
  21. Terima kasih

    Sistem mekanisme gong harus dicek, kejadiaan sebelumnya kenapa ? klau gak ada apa-apa mungkin ada mekanik seperti tuas-tuas istilahnya nyangkut

    BalasHapus
  22. Saya kesulitan melepas jarum pendek
    Bagaimana caranya?
    Maturnuwun

    BalasHapus
  23. Saya kesulitan melepas jarum pendek. Bagaimana caranya?

    BalasHapus
  24. Terima kasih mas tarik saja mas perlahan-lahan sampil diputar-putar

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. mau nanya mas..klo jm dinding rhythm saya berputarnya terlalu cepat itu rusak di apanya ya??
    sehari bisa 5menit lebihnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibawah bulatan bandul ada mur dan baut, setting mur tersebut jika digerakkan keatas jam bergerak tambah cepat dan sebaliknya sesuai hukum fisika tentang pendulum. terima kasih

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Dimana beli jarum panjang junghan?. Krn jarum panjangnya sudah hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, coba aja cari disitus jual beli bedakan dengan jarum untuk jam quarzt. jarum panjang jam lama lobangnya berbentuk segi empat dan bahannya bukan aluminium biasanya dijual satu set (panjang dan pendek), Kalau di ebay biasanya ada yg jual tapi jaman pandemi tunggunya lama amat.

      Hapus
  29. Numpang nanya OM .. pingin cari jam lemari, bagus mana antara cable driven & chain driven ? Kekurangan & kelebihan masing2 apa ? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nih ilmunya masih kurang untuk jam besar jadi gak komen. terima kasih

      Hapus
  30. Selamat malam. Saya mau tanya saya punya jam dinding junghans tengahan kata orang atau lubang 2 , kerusakannya gongnya bunyi terus menerus sampai hbs per nya baru berhenti kira2 rusak apanya ya? Kalau jamnya normal..terima kasih, tolong kl ada video tutorialnya maturnuwun

    BalasHapus
  31. Saya penghobi barang antik termasuk jam kuno, seperti jam junghans lubang 3 (senar 8, 6, 5) RA, jam 30 day, jam transistor, sebagian saya beli dlm kondisi rusak, mati, Terus berusaha untuk memperbaiki sendiri untuk jam bandul biasanya rusak di per bandulnya untuk jam transistor biasanya masalah kabel, batu, gigi detik, dll. Jadi Artikel tersebut sangat bermanfaat bagi saya, skrg sdh punya jam sekitar 50an. Terimakasih

    BalasHapus